Subscribe Us

Header Ads

5 Cara Membersihkan Lensa Kamera


    Hai sobat yicam .... hari ini mimin mau membagikan tips mimin mengenai cara merawat lensa kamera lho., agar lensa tidak terlihat blur dan tentunya kualitas lensa makin bagus. 

Tahukah kalian ? bhawa lensa juga bisa jamuran dan terlihat blur padahal tidak pernah jatuh atau terkena air, itu dikarenakan lensa terlalu lama diam di tempat yang lembab. Oke kali ini akan mimin bagian cara merawat LENSA untuk pemula. Yuk, disimak langkah-langkah selanjutnya berikut ini : 

1. Gunakan Alat Pembersih yang Benar 

      Nah.. yang ini sudah pasti tau dong,.. menggunakan alat pembersih yang benar merupakan hal utama dalam pembersihan, bagi kalian yang hobi photography sudah pasti tau alat pembersih nya apa, tapi bagi yang belum akan mimin kasik gambar nya di bawah ini. Tapi selain menggunakan alat pembersih yang benar bagi pemula jika tidak ada alat pembersih nya bisa juga menggunakan kain halus/tisu untuk membersihkan lensa bagian luar. 




2. Bersihkan Bagian Dalam Lensa 

    Setelah alat sudah siap, mulailah membersihkan lensa dari mulai body, atau lens hood atau langsung ke dalam lensa dalam. pada pembersihan lensa diperhatiakn harus melepaskana seperti filter lensa atau hood terlebih dahulu dan menggosok nya dengan perlahan saat pembersihan tentunya dengan kain halus / alat pembersih yang sesuai agar terhndar dari lecet atau tergores.



3. Berishkan Debu Dengan Blower Mini 

    Jika kalian mengamati di lensa terdapat beberapa debu yang terdapat pada lensa, itu bisa kita bersihkan dengan kain sebenarnya untuk bagian luar lensa tetapi untuk bagian dalam lensa dianjurkan menggunakan blower dengan cara ditiup atau bisa menggunakan kuas pen (lens pen) untuk membersihkan kaca lensa



4. Gunakan Kain Microfiber 

 Bila sudah diblower dan di bersihkan dengan kuas pen. bersihkan kembali dengan kain microfiber. Ingat bersihkan kaca terlebih dahulu baru kemudian bodi lensa. disarankan menggunakan dua (2) kain yang erbeda untuk bodi dan kaca lensa. dikarenakan jika menggunakan satu kain takutnya akan meninggalkan bekas kotoran pada pembersihan sebelumnya 
    


    

5. Simpan Lensa di DRY BOX

     Cara menyimpan kamera DSLR yang benar adalah dengan memasukkannya ke dalam dry box. Dry box akan melindungi lensa dari perubahan suhu yang tergolong ekstrem. Sesuai dengan namanya, kotak penyimpanan ini akan menjaga lensa agar tetap kering dan terhindar dari kelembaban yang dapat merusak komponen internal lensa.



Nah, itulah cara merawat lensa dari yicambalii agar tetap awet dan bersih. Merawat lensa ini tergolong gampang-gampang susah, tapi ini merupakan suatu keharusan bagi Anda yang memiliki kamera DSLR. Anda perlu merawat lensa juga secara berkala dan memperhatikan kebersihan dari setiap komponen yang melekat pada kamera. 

Posting Komentar

0 Komentar