Subscribe Us

Header Ads

5 Cara Merawat Kamera DSLR Agar Tetap Awet


    Hai sobat yicam .... hari ini mimin mau membagikan tips mimin mengenai cara merawat kamera lho., kamera juga butuh perawatan bukan manusia saja agar terlihat bersih dan tidak ada debu. Selain itu, perawatan kamera DSLR juga dilakukan agar kamera tetap awet lho. 

    Tahukan kalian ? bahwa jamur bisa tumbuh pada kamera DSLR yang tidak rutin dibersihkan ? oleh karena itu jika anda memiliki kamera DSLR maka lakukan perwatan secara rutin, Kali ini akan mimin bagian cara merawat kamera DSLR untuk pemula. Yuk, disimak langkah-langkah selanjutnya berikut ini : 

1. Jauhkan Kamera Dari Air

      Meskipun kamera DSLR Anda diklaim waterproof atau weather sealed, usahakan untuk tetap menjauhkan kamera dari air. Kamera DSLR sangat sensitif terhadap air. Air yang masuk ke dalam kamera bisa merusak komponen internal Kamer DSLR Anda.



2. Jaga Kebersihan Lensa Kamera 

    Selalu jaga kebersihan lensa kamera Anda walaupun kamera tersebut tidak akan digunakan. Salah satu cara membersihkan lensa DSLR adalah menggunakan cleaning kit, tetapi Anda juga bisa menggunakan cairan pembersih khusus. Akan tetapi, jangan langsung menyemprotkan cairan pembersih tersebut ke lensa, tapi semprotkan cairan ke lap microfiber, lalu usapkan lap tersebut ke seluruh bagian lensa.



3. Lengkapi LCD Kamera Dengan Silicone Pelindung 

    Sama seperti ponsel, cara merawat kamera DSLR khususnya pada bagian LCD-nya adalah dengan memasang screen guard atau pelindung layar. Pelindung ini akan menjaga layar agar tidak tergores atau terkena sidik jari. Bahkan, screen guard akan menjaga layar LCD agar terlindung dari air atau debu.



4. Pasang Filter Untuk Melindungi Lensa 

    Satu hal lagi yang harus diperhatikan jika Anda ingin merawat kamera DSLR agar tetap awet, jangan lupa untuk memasang UV Filter pada lensa Anda. Tenang saja, pemasangan filter pada lensa tidak akan mengurangi kualitas bidikan foto.
    

5. Simpan Kamera Di Dry Box 

     Cara menyimpan kamera DSLR yang benar adalah dengan memasukkannya ke dalam dry box. Dry box akan melindungi kamera dari perubahan suhu yang tergolong ekstrem. Sesuai dengan namanya, kotak penyimpanan ini akan menjaga kamera agar tetap kering dan terhindar dari kelembaban yang dapat merusak komponen internal kamera.



Nah, itulah cara merawat kamera DSLR dari yicambalii agar tetap awet dan bersih. Merawat kamera DSLR ini tergolong gampang-gampang susah, tapi ini merupakan suatu keharusan bagi Anda yang memiliki kamera DSLR. Anda perlu merawat kamera secara berkala dan memperhatikan kebersihan dari setiap komponen yang melekat pada kamera. 


Posting Komentar

0 Komentar